Jumat, 11 Agustus 2000

Nita Tilana Telah Tiada

11 Agustus 2000 - BERITA UTAMA

.

.

Nita Tilana Telah Tiada

ARTIS Nita Tilana menghembuskan nafasnya yang terakhir Kamis (10/8) siang pukul 11.20 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta. Kakak vokalis Gigi Armand Maulana ini meninggal di usia 32 tahun, karena sakit kanker rahim yang dideritanya hampir selama satu setengah tahun.

Kanker leher rahim yang diderita Almarhumah memang sangat keras. Penyakit yang telah mengendap di tubuhnya itu bahkan telah memasuki stadium III, sehingga telah menyebar ke organ tubuh lainnya, bahkan telah menggerogoti paru-paru.

Menurut keterangan dokter yang merawatnya, Nita mengalami koma sejak Selasa (8/8) malam lalu dan keadaannya semakin memburuk. Saat itu diperkirakan, bila kondisi Nita bagus maka ia bisa bertahan sekitar 30 jam sedangkan bila kondisi tubuhnya lemah maka waktu yang tersisa kurang dari 24 jam.

Sadar akan beratnya penderitaan yang dialami istrinya, Rully mengungkapkan bahwa seluruh keluarga telah berkumpul dan mengikhlaskan kepergian Nita untuk menghadap Sang Pencipta. Seluruh keluarga membaca Surat Yassin sejak Nita mengalami anfal.

Sekitar satu jam setelah dokter menyatakan Nita meninggal, putra kelima dari enam bersaudara itu dibawa untuk disemayamkan di rumah duka di Jl. Persada Kemala Blok XIV No. 3 Kalimalang, Bekasi Selatan.

Meninggalnya Nita Tilana tak urung membuat sedih sahabat-sahabatnya. Tampak melayat ke rumah duka Shania, Chintami Atmanegara, Baron Gigi, Titi Dwijayanti, Eko Patrio, Sylvana Herman, Iin Parlina, Rita Effendy, Bella Safira, Desy Ratnasari, Nia Daniati, Femmy Permatasari, pasangan pengantin baru Gunawan-Paramitha Rusady, Dorce.

Tampak hadir pula Jeffry Waworuntu dan Ruth Sahanaya, Rina Gunawan, Ulfa Dwiyanti, Lilo KLa Project, Renny Jayusman, Titi DJ, Melly Potret, Melly Manuhutu, Iyut Bing Slamet, Silvana Herman, Nicky Astria, Shania, Jelly Tobing, Widy — Nola — Cynthia (AB Three) dan lain-lain.

Penyanyi Shania mengaku bahwa dirinya mendapat kabar meninggalnya Nita Tilana 20 menit setelah ia meninggal. “Saya langsung ke RS Pondok Indah dan mengiringi ambulance membawa jenazah Teh Nita ke rumah duka,” tutur penyanyi R&B yang ngetop lewat lagu Santai ini.

Meski sehari sebelumnya sudah menengok Almarhumah, tak urung Shania merasa terkejut juga begitu mendengar Nita Tilana meninggal dunia. Ia merasa Nita Tilana terlalu cepat meninggalkan kita semua.

“Memang saya tahu bahwa sakitnya sangat berat dan telah lama ia menderita. Itu mungkin yang terbaik bagi dia. Sekarang Teh Nita tidak digerogoti sakit lagi,” tutur penyanyi asal Cimahi ini sambil memuji sikap suami Nita, Rully Amada yang dinilainya sangat setia menunggui istrinya.

Pelawak Eko Patrio yang selalu guyon kali ini tampak sembab matanya. Ia mengaku sedih dengan meninggalnya Nita Tilana. Terbayang di benaknya betapa penyakit yang menggerogoti penyanyi canik ini sangatlah ganas.

“Saya turut sedih melihat kondisi Nita Tilana. Bayangkan saja, tubuhnya jadi sangat kurus. Padahal sewaktu sehat ia berisi. Jahat banget penyakit kanker leher rahim itu,” kata dengan nada sendu.

Penyanyi Titi Dj menyatakan salutnya atas semangat hidup Nita yang begitu tinggi hingga saat-saat terakhirnya. Bahkan Nita masih sempat mencurahkan pikirannya untuk teman-temannya, meski dalam keadaan sakit. “Nita sebagai teman sangat baik sekali. Bahkan terkesan polos,” cetus Titi yang mengenakan kacamata hitam. Hal senada dilontarkan Desy Ratnasari, yang mengungkapkan kebaikan Almarhumah semasa hidupnya.

Di Sirnaraga

“Pesan terakhir Nita adalah permintaannya untuk di-Umroh-kan,” kata Ruly Kusumawijaya dengan mata berkaca-kaca di depan jenasah istrinya. Semula Nita Tilana akan menjalani perawatan ketiga kalinya di General Hospital, Singapura untuk melakukan penyinaran radioterapi, namun ia keburu dipanggil Sang khalik, Allah SWT. Nita Tilana sempat dirawat dua kali di RS Singapura tersebut.

Dalam kesempatan menyampaikan ungkapan atas nama keluarga Ruly yang biasa dipanggil Ruly Amada dengan didampingi Ria HD (manajer Desy Ratnasari) dan Dewi Gita (istri Armand Maulana), diungkapkan, keluarga Almarhumah mengucapkan banyak terimakasih atas segala perhatian yang diberikan berbagai pihak, semacam kalangan artis yang peduli dan mengadakan acara amal beberapa waktu lalu, bagitu juga pers dan masyarakat.

Sedangkan Dewi Gita mengungkapkan, kakak iparnya sempat berpesan lirih, “Titip Mas Ruly,” tirunya atas pesan terakhir Nita Tilana.

Menurut rencana, jenazah Nita Tilana akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sirnaraga, Bandung, Jumat ini (11/8) setelah disemayamkan sementar di Masjid Nurtanio, Bandung. Menurut Ria HD, jenasah Almarhumah akan diberangkatkan dari rumah duka di Bekasi Jumat subuh (11/8). (Refa/Dikdo M/”PR”)***

Sumber: Harian Pikiran Rakyat, 11 Agustus 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar