Rabu, 29 Oktober 2003

Jasa Marga Dukung Libatkan BPKP Selesaikan Lahan Hankam-Cikunir


EKONOMI
Rabu, 29 Oktober 2003 05:33 WIB



Jasa Marga Dukung Libatkan BPKP Selesaikan Lahan Hankam-Cikunir


JAKARTA--MIOL: PT Jasa Marga sangat mendukung dilibatkannya Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menyelesaikan persoalan harga pembebasan lahan yang membuat pekerjaan Tol Hankam-Cikunir terbengkalai sampai saat ini.

"BPKP diharapkan dapat memberikan harga yang nantinya dipakai sebagai rekomendasi untuk menetapkan harga lahan di Cikunir yang sampai saat ini masih berlarut-larut," kata Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga, Hengki Herwanto di Jakarta, Selasa (28/10).

Hengki memperkirakan, dengan dilibatkannya institusi yang independen tersebut akan memberikan solusi yang terbaik antara Departemen Pekerjaan Umum (DPU) dengan Walikota Bekasi untuk menetapkan harga lahan.

Menurut Hengki apabila tetap berpegang kepada SK Walikota Bekasi sebelumnya yang menetapkan harga lahan Rp1.350.000 per meter persegi akan sangat memberatkan perusahaan karena tidak sesuai dengan rencana bisnis (bussines plan) yang telah ditetapkan.

Hengki mengatakan, apabila berdasarkan Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) maka harga tanah di Cikunir sebenarnya hanya berkisar sekitar Rp300 ribu. Bahkan sebenarnya harga pasarnya sekitar Rp400 ribu, sehingga jika kemudian ada yang menetapkan di atas Rp1 juta jelas itu diluar kemampuan.

Sementara itu, dari sebanyak 95 kavling yang belum dibebaskan saat ini sebagian besar merupakan sertifikat jual beli, bukan sertifikat hak milik. Sehingga memang harus diterjunkan BPKP untuk melakukan audit terhadap proses pembebasan lahan.

PT Jasa Marga sendiri baru akan membayar kepada pemilik lahan apabila Departemen PU dengan Walikota Bekasi sudah ada kesepakatan mengenai harga. Namun dengan dilibatkannya BPKP diharapkan dalam waktu dua minggu ini sudah ada penetapan harga, kata Hengki. (Ant/Ol-1)
Sumber: www.mediaindo.com, Rabu, 29 Oktober 2003