Sabtu, 11 Oktober 2003

Jasa Marga Operasikan Jalan Tol JORR Ceger-Hankam

Sabtu, 11 Oktober 2003, 10:20 WIB
Jasa Marga Operasikan Jalan Tol JORR Ceger-Hankam
Jakarta, Sabtu
PT Jasa Marga mulai hari Jumat malam (10/10) mengoperasikan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road, JORR) ruas Ceger-Hankam Raya sepanjang 3,5 kilometer.

"Dengan beroperasinya ruas ini, maka masyarakat dari arah Veteran/Pondok Pinang, Cawang, atau Jagorawi dan sekitarnya yang akan menuju Pondok Gede/Kranggan akan lebih cepat, kata Direktur Utama PT Jasa Marga Syarifuddin Alambai di Jakarta, Sabtu (11/10).

Alambai menjelaskan, sebelum beroperasinya ruas ini masyarakat di wilayah  Veteran/Pondok Pinang, Cawang, Jagorawi dan sekitarnya jika akan ke Pondok Gede harus melalui Jalan Raya Pondok Gede dan setelah pasar baru belok ke arah Jalan Hankam Raya.

Dalam kondisi normal jalur ini harus ditempuh 40 menit, bahkan kalau macet dapat mencapai 90 menit sampai dua jam, yang biasa terjadi di depan Asrama Haji, Lubang Buaya, dan Pasar Pondok Gede. Namun melalui ruas ini waktu tempuh dapat dipersingkat menjadi 10 menit saja.

Sedangkan dari arah Cawang dan Pondok Pinang yang akan ke Kranggan, biasanya pemakai jalan melalui Jagorawi dan keluar di Cibubur. Jika menggunakan ruas ini selain lebih panjang juga sering mengalami kemacetan di Cibubur. Melalui ruas ini masyarakat yang akan menuju Kranggan dari Cawang atau Pondok Pinang akan lebih mudah.

Jalan Tol JORR Ruas Ceger-Hankam Raya dikerjakan kontraktor PT Yasa Patria Perkasa dan PT Teguh, sedangkan konsultan merupakan konsorsium PT Seecon Eng, PT Yodya Karya, dan PT Ciriajasa Cipta Mandiri.

Alambai mengatakan, untuk ruas Ceger-Hankam Raya sebenarnya dapat diselesaikan lebih cepat apabila tidak terhambat oleh masalah pembebasan lahan. Berkaitan dengan hal itu, Alambai meminta agar Pemda DKI bersedia membantu dalam masalah pembebasan lahan ini. "Jangan sampai karena ada satu atau dua rumah yang tidak bersedia dibebaskan maka proyek jalan tol yang ditujukan untuk kepentingan publik menjadi terhambat," katanya.

Jasa Marga saat ini tengah mengerjakan ruas Veteran-Ulujami yang diharapkan selesai akhir tahun 2003. "Proyek ini akan dilanjutkan dengan Hankam Raya-Cikunir yang akan mulai dikerjakan pada awal tahun 2004, serta dapat diselesaikan pada akhir tahun itu. Jika ruas ini selesai akan menyambung Jalan Tol Jagorawi dan Tol Jakarta-Cikampek," katanya.(Ant/nik)
Sumber: www.kompas.com, 11 Oktober 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar