Selasa, 30 September 2003

Tol Pondok Pinang Dibuka Macetnya Minta Ampun

Selasa, 30 September 2003, 8:19 WIB
Tol Pd Pinang Dibuka Macetnya Minta Ampun
Kota, Warta Kota
Ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Pondok Pinang-Veteran akhirnya dioperasikan Senin (29/9) pukul 15.00. Pembukaan tol sepanjang 2,7 km itu ditandai dengan transaksi pertama oleh Dirut PT Jasa Marga Syarifuddin Alambai.

Tapi berdasarkan pantauan Warta Kota, pembukaan tol baru ini menyebabkan kemacetan parah, terutama di malam hari ketika jam pulang kantor. Kendaraan dari arah timur yang biasa melewati Lebak Bulus, Deplu, dan Rempoa berebut memanfaatkan ruas tol baru ini. Akibatnya, ya terjadi penumpukan kendaraan.

"Tidak ada masalah teknis yang menyebabkan kemacetan. Kemacetan itu lebih karena disebabkan tumpleknya kendaraan. Makanya kita mengupayakan Tol Veteran-Ulujami bisa dibuka minggu depan. Jadi, masyarakat yang akan ke Ulujami bisa semakin cepat dan tidak terjebak kemacetan," ujar Kepala Humas PT Jasa Marga, Satria Genefanto, semalam.

Ia mengatakan, dengan dioperasikannya ruas tol ini, masyarakat yang akan ke Bintaro atau Ciputat akan lebih cepat lagi, karena bisa masuk tol lewat Gerbang Taman Mini. "Lewat tol ini bisa mempercepat perjalanan ke Bintaro 25 menit," kata Satria.

Pembukaan ruas tol Pondok Pinang-Veteran masih uji coba sehingga tarifnya belum ditentukan. Tarif tol harus diputuskan oleh Keppres. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat keppres terbit, seringas tarif bisa segera diberlakukan," tukasnya.

Jalan Tol Pondok Pinang - Veteran menghabiskan biaya Rp 210,5 miliar. Ruas tol ini menjadi tumpuan warga Bintaro, Rempoa, dan sekitarnya yang ingin menuju pusat kota. Tapi adanya tol juga menambah persimpangan dan ini menyebabkan jalan reguler semakin macet. (wid)
Sumber: www.kompas.com, 30 September 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar