Senin, 29 September 2003

Setelah Veteran-Ulujami, Jasa Marga Selesaikan Ruas Tol Baru

Senin, 29 September 2003, 19:59 WIB
Setelah Veteran-Ulujami, Jasa Marga Selesaikan Ruas Tol Baru
Jakarta, Senin
PT Jasa Marga setelah selesai mengoperasikan ruas Veteran-Ulujami pada akhir 2003 sebagai bagian proyek pembangunan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) akan menyelesaikan satu ruas lagi sepanjang 15 kilometer.
   
"Ruas yang akan diselesaikan itu di antaranya Ulujami-Kebon Jeruk dan Hankam-Cikunir," kata Direktur Utama PT Jasa Marga, Syarifuddin Alambai kepada wartawan usai meresmikan pembukaan ruas Pondok Pinang-Veteran di Jakarta, Senin (29/9).
    
Menurut dia, jika kedua ruas itu telah diselesaikan, kepadatan lalulintas di Tomang dan Cawang bisa dikurangi. Menurutnya jika ruas ini diselesaikan pemakai jalan dari Tangerang, Serpong, Bintaro, dan sekitarnya akan menuju ke arah Taman Mini, Jagorawi, atau Tol Dalam Kota dalam waktu yang lebih cepat.
   
PT Jasa Marga juga akan mengoperasikan Jakarta-Serpong ruas Pondok Aren-Ulujami sepanjang 2 kilometer yang akan dibuka untuk lalulintas umum Selasa (30/9). Dengan demikian, jika sebelumnya pengguna tol dari Serpong ke Jakarta baru dapat sampai Bintaro,  dioperasikan ruas tersebut dapat langsung mempercepat waktu menuju ke Bintaro.
   
Menurut Alambai, ruas Pondok Aren-Ulujami dikerjakan kontraktor PT Pembangunan Perumahan. Dengan selesainya pembangunan tersebut, untuk ruas tol Jakarta-Serpong sudah dapat diselesaikan.
               
Pondok Pinang-Veteran
Dengan telah beroperasinya ruas Pondok Pinang-Veteran yang diresmikan Senin (29/9), masyarakat yang tinggal di Bintaro dan Ulujami yang akan menuju Taman Mini setelah melewati Jalan Veteran harus melalui Jalan Deplu, dan jalan Ciputat Raya dapat melalui jalan tol melalui Gerbang Tol Pondok Pinang.
    
Menurut Alambai, kondisi Jalan Deplu Raya setiap hari dibuat searah hanya ke Ciputat saja. Namun, kemacetan lalulintas di kawasan ini mencapai dua sampai dengan tiga kilometer. Akibatnya, dibutuhkan waktu 30 menit sampai satu jam. Oleh karena itu, dengan dioperasikan ruas ini waktu tempuh dapat dipersingkat menjadi lima menit saja.
   
JORR Pondok Pinang-Veteran sepanjang 2,7 kilometer dikerjakan PT Modern Widya Technical dengan biaya Rp 210,5 miliar. Bertindak sebagai konsultan adalah PT Buana Archicon, PT Madyamangunkarsa, dan PT Arteri Cipta Rencana dalam waktu sekitar setahun.
   
Alambai mengatakan, proyek ini sebenarnya dapat diselesaikan lebih cepat jika tidak terhambat masalah pembebasan lahan. Berkaitan dengan hal itu diharapkan peran serta Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk membantu menangani masalah tersebut.
   
Saat ini masih ada masalah pembebasan lahan tinggal ruas JORR Ulujami-Kebon Jeruk dan Hankam-Cikunir sehingga jadwal kerja (time schedule) ini terpaksa diundur. Kenyataan ini membutuhkan tambahan biaya sedikit untuk menyelesaikannya.
   
Menurut Alambai untuk ruas Ulujami-Kebon Jeruk masih terdapat 40 persen ruas lahan yang belum dibebaskan. Guna menyelesaikan pembebasan lahan PT Jasa Marga mengalokasikan dana sekitar Rp 600 miliar yang sumbernya sebagian berasal dari obligasi. (Ant/prim)
Sumber: www.kompas.com, 29 September 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar