Selasa, 22 Mei 2001

Carrefour Hadir, Arus Lalu Lintas Pun Diubah

RENCANA pembukaan hipermarket Carrefour yang terletak di simpang Jalan Pasar Jumat-Jalan RA Kartini, Jakarta Selatan, yang diduga akan menambah kemacetan arus lalu lintas yang akan menuju Lebak Bulus, Ciputat, Pondok Pinang, dan Pondok Indah, memaksa Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) DKI Jakarta mengubah arus lalu lintas di Jalan RA Kartini.

Sebelum kehadiran hipermarket di Jalan RA Kartini sisi selatan itu, kawasan Lebak Bulus dan Pasar Jumat dikenal sebagai kawasan dengan tingkat kemacetan luar biasa, terutama pada jam sibuk. Warga mempersoalkan kehadiran pusat belanja itu karena dipastikan akan semakin memperparah kemacetan di pertigaan Jalan Pondok Indah-Jalan RA Kartini sisi selatan-Jalan TB Simatupang maupun Jalan Pasar Jumat.

Selain padatnya kendaraan, ketidakdisiplinan pengguna jalan-termasuk angkutan umum yang berhenti sembarangan-menambah kemacetan parah.

Menurut Kepala DLLAJ DKI Jakarta Buyung Atang, Senin (21/5), mulai Selasa ini akan diberlakukan perubahan arus lalu lintas di persimpangan Jalan RA Kartini sisi selatan tol TB Simatupang. Semula jalan sempit itu hanya berlaku satu arah saja ke arah Terminal Lebak Bulus, Jalan Pasar Jumat.

Kini, mulai pukul pukul 06.00 hingga 09.00 -kecuali hari libur- orang juga boleh menggunakan jalan tersebut untuk mengarah ke Jalan Pondok Indah. "Tujuannya untuk mengurangi kemacetan di Jalan Ciputat Raya," kata Buyung Atang. Setelah pukul 09.00, kecuali hari libur, di jalan itu kembali berlaku satu arah ke Jalan Ciputat Raya.

***

Namun, pengguna jalan harap berhati-hati, Kompas setidaknya menyaksikan dua kali kejadian tabrakan antara dua kendaraan, yakni antara mereka yang dari Jalan Kartini (selatan) ke arah Pondok Indah, serta kendaraan dari Jalan Kartini (sisi utara, dari arah Ciputat Raya).

Selanjutnya, para pengguna jalan dari arah Jalan Fatmawati maupun Jalan Pondok Indah yang akan ke arah Jalan Deplu dan Jalan Bintaro, yang semula diarahkan melalui Jalan Pasar Jumat, bisa langsung ke Jalan RA Kartini sisi selatan. Atau ke depannya, mereka yang akan berbelanja ke Carrefour bisa memotong jalan Jalan Pasar Jumat untuk langsung ke hipermarket itu. Mereka tidak perlu memutar ke arah Jalan Ciputat Raya atau Sekolah Polwan.

Namun, dalam siaran pers DLLAJ tidak disebutkan bahwa perubahan arus lalu lintas itu untuk menyambut dibukanya hipermarket Carrefour.

"Perubahan itu bertujuan mengurangi kemacetan di Jalan Pasar Jumat pada siang dan sore hari," katanya. Selain itu, juga untuk pengembangan jalan pendamping sejajar tol serta mengantisipasi kemacetan lalu lintas akibat peningkatan kegiatan dan volume lalu lintas di kawasan tersebut. Siiplah!. (*/nic)
Sumber: Harian KOMPAS, 22 Mei 2001, dengan catat perubahan