Selasa, 29 Januari 2013

MenontoN Lagi "Cinta Penuh Kabut", Sinetron Nostalgia Komik Best Seller

Menonton Lagi "Cinta Penuh Kabut", Sinetron Nostalgia Komik Best Seller
Selasa, 18 Januari 2010 14:35 - Panditio Rayendra
MULAI Senin (18/1) kemarin sore, Indosiar menayangkan ulang sinetron Cinta Penuh Kabut.

Sinetron yang meraih penghargaan Drama Terfavorit versi Panasonic Awards 2008 ini mengisi slot sore Indosiar, pukul 12.00 WIB, menggantikan rerun Kugapai Cintamu yang sudah habis masa tayangnya.

Tidak hanya sinetronnya yang populer, pemain-pemainnya pun ikut naik daun. Imel Putri Cahyati, Choky Andriano, dan Ahmad Affandy mulai digandrungi penikmat sinetron setelah membintangi sinetron Cinta Penuh Kabut.

Untuk menyegarkan ingatan Anda, berikut kami tampilkan ulasan Cinta Penuh Kabut yang pernah dimuat tabloid ini dua tahun silam:

Komiknya pernah menjadi best seller pada awal era 1990-an, setidaknya di Indonesia. Komik asal Jepang dengan seting cerita Eropa itu mulai terbit sejak akhir tahun 1970-an.

Kesuksesan komik karya Kyoko Mizuki dan Yumiko Igarashi ini lantas berlanjut pada serial animasinya, yang di Indonesia pernah beredar dalam bentuk kaset video pada pertengahan 1980-an dan juga pernah ditayangkan RCTI. Cerita ini berjudul Candy Candy, berkisah tentang petualangan dan persahabatan dua gadis, Candy dan Annie. Itu versi asli cerita komik berseri hingga 9 buku itu.

Saat ini cerita serupa tapi tak sama kembali menjadi perbincangan banyak orang. Bukan melalui komik atau serial animasi, melainkan sebuah sinetron produksi Gentabuana Paramita yang kembali ditayangkan Indosiar. Terlepas sinetron jiplakan atau adaptasi, yang pasti sinetron Cinta Penuh Kabut yang mulai tayang 4 Maret lalu ini berhasil menghimpun banyak pengemar. Setidaknya adanya sinetron ini bisa mengobati rasa kangen para penggemar komik Candy Candy, yang sekarang tentunya sudah dewasa dan bahkan berkeluarga.

Penonton Cinta Penuh Kabut terbagi dua. Pertama, mereka yang pernah membaca komik dan menonton serial animasinya hingga tuntas. Kedua, mereka yang sama sekali tidak mengenal keduanya. Bagi para pembaca setia dan kolektor komik asli serta penonton serial animasinya, perbedaan dengan versi sinetron -- yang dibintangi Imel Putri Cahyati sebagai Candy -- tentu saja terlihat jelas.

Sebagai contoh nama-nama tokoh yang agak diubah. Tokoh versi asli yang bernama Archie menjadi Ardi, Stear menjadi Steven, Eliza menjadi Shintia, Neal menjadi Donny, Annie menjadi Rina, keluarga Ardlay menjadi keluarga Aldian, dan lain-lain. Selain itu ada tokoh yang hilang dan sebaliknya tokoh baru bermunculan, serta karakteristik tokoh yang berbeda.

Jika ada anggapan komiknya lebih bagus daripada sinetronnya, sah-sah saja. Tapi yang perlu diingat meski secara umum ceritanya sama, tentu saja versi sinetron disesuaikan dengan zaman, karakter, dan kultur negeri kita. Akan sangat sulit jika harus mengikuti komik yang latar ceritanya zaman sebelum sampai berlangsungnya Perang Dunia II.

"Cinta Penuh Kabut dalam versi yang kami buat memang agak bergeser dari cerita komik. Tapi kami tetap mengharapkan tokoh Cinta Penuh Kabut menjadi ikon dan idola yang bisa menjadi cerminan anak baik dan smart yang manusiawi," kata sutradara Cinta Penuh Kabut, Nanda J. Umbaran.

Namun seperti kebanyakan sinetron, Cinta Penuh Kabut juga mengumbar cerita-cerita klise, seperti penderitaan dan kisah seseorang yang selalu ditindas. Tokoh utama seringkali diperlihatkan sebagai seorang yang lemah, tak berdaya, tak mampu melawan, dengan tak seorang pun membelanya. Toh model-model sinetron seperti ini pada kenyataannya mendapatkan simpati dari pemirsa televisi. Lagi pula cerita asli dalam versi komik pun demikian adanya.

Pada awal penayangan, Cinta Penuh Kabut banyak berkutat pada kisah-kisah bernuansa percintaan. Responsnya biasa-biasa saja. Namun pada episode-episode selanjutnya, terutama sejak episode di atas 20-an, ikatan emosional pemirsa semakin kuat karena beralih pada penderitaan dan penindasan yang dialami sang tokoh utama. Hasilnya, rating sinetron ini pun langsung melesat ke urutan atas.

Dan tentu saja Cinta Penuh Kabut menjadi salah satu sinetron unggulan Indosiar. Menurut Direktur Program Indosiar, Lie Halim, Cinta Penuh Kabut sinetron yang  memiliki penggemar setia dan bisa dinikmati semua umur. Ia berharap semakin banyak masyarakat yang tertarik menonton. Dengan satu
syarat, ceritanya tidak dipanjang-panjangkan tak tentu arah.

Sinopsis Global Cinta Penuh Kabut:
Hubungan Candy (Imel Putri Cahyati) dan Rina (Alea Azura Tarigan), dua anak yatim piatu yang menghuni sebuah panti asuhan sangat dekat, melebihi saudara kandung. Kendati mereka memiliki karakter yang sangat berbeda. Candy pemberani, ceria, blak-blakan, dan tomboi. Sedangkan Rina sangat lembut, feminin, sopan, dan cenderung pemalu.

Suatu hari, Candy mengajak Rina piknik. Mereka kemudian bertemu seorang pria kaya baik hati, Budi (Diaz Erlangga). Rina, yang sangat merindukan orangtua, mengusulkan pada Candy agar minta diangkat anak. Tapi Candy menolak dan malah marah besar pada Rina, yang dianggap egois dan ingin berpisah dengannya. Ia pun meninggalkan Rina.

Saat menyendiri sambil menangis, Candy bertemu seorang cowok yang sangat tampan. Cowok itu menyanyikan lagu pengusir sedih buatnya. Tidak hanya itu, cowok misterius itu juga memberinya kerang untuk mengusir sedih, menyuruhnya tersenyum dan tidak menangis lagi. Candy sangat terkesan dengan pertemuan itu. Dia menganggap cowok itu pangerannya.

Suatu hari, Budi tiba-tiba datang ke panti asuhan. Budi ingin mengangkat salah satu dari mereka menjadi putrinya. Budi memilih Candy.

Mengetahui itu, hati Rina sangat hancur. Tak tega melihat Rina bersedih, Candy sengaja bertingkah nakal dan kurang ajar agar tak jadi diadopsi. Istri Budi, Ira (Lilis Sugandha), marah sekali pada Candy. Dia pun membatalkan niatnya mengangkat Candy.

Di luar dugaan, Ira malah jatuh cinta pada Rina. Candy mengira Rina akan menolak seperti dirinya. Tapi ternyata Rina tak kuasa menahan keinginannya untuk memiliki orangtua. Awalnya Candy marah, tapi akhirnya bisa menerima karena sangat menyayangi Rina.

Rina dan Candy pun berpisah. Awalnya mereka rajin berkirim kabar. Tapi Ira melarang Rina untuk berhubungan dengan Candy, karena tak mau latar belakang Rani diketahui banyak orang. Seseorang kemudian datang untuk mengambil Candy. Candy, yang merasa sudah tak ada gunanya bertahan di panti itu, setuju. Di luar dugaan, Candy ditipu. Dia tidak diambil sebagai anak, melaikan pembantu.

Candy syok. Tambah lagi, di rumah itu dia bertemu Shintia (Chaterine Pamela) dan Donny (Simon Zefanya), dua anak yang nakal dan sangat iri pada keceriaan Candy. Toh Candy tak menyerah, tetap berusaha tegar dan ceria. Suatu hari, Candy melihat sebuah kebun bunga yang sangat indah. Ia terkagum-kagum, lalu masuk ke dalamnya. Di sanalah dia bertemu Antony (Lucky Perdana). Candy kaget sekali. Dia mengira Antony pangerannya. Dia tak tahu, Antony sebenarnya hanyalah saudara kembar pangerannya, Alfa yang sudah lama menghilang.

Antony sangat menyukai Candy, begitu juga sebaliknya. Tak cuma itu, dua saudara sepupu Antony, Steve dan Ardi (Kevin Julio) ikut jatuh cinta pada Candy.

Candy bertemu lagi dengan Rani. Tapi karena perbedaan status, Rani tak berani mengakui Candy sahabatnya. Candy sangat sedih, tapi tak bisa berbuat apa-apa. Rani jatuh cinta pada Ardi. Dan dia sangat patah hati, saat mengetahui Ardi malah menyukai Candy. Candy kemudian bertemu lagi dengan Alfa. Tapi dia sama sekali tak tahu, Alfa adalah pangerannya, karena Alfa telah berubah jauh semenjak meninggalkan keluarganya yang kaya raya.

Hubungan Candy dan Antony semakin dekat. Rasanya Candy tak peduli lagi dengan kesulitannya, saat Antony ada di sisinya.

Tapi cobaan kembali mendatangi Candy. Antony meninggal karena kecelakaan. Hati Candy sangat hancur. Untuk waktu yang cukup lama, dia menutup diri dari orang lain. Sampai akhirnya dia bertemu Teri (Bobby Joseph), cowok berandalan yang ganteng dan sering membuatnya marah. Sayang, hubungan Candy dengan Teri tak berlangsung mulus.

(ditulis oleh Tubagus Guritno, BINTANG INDONESIA, No.848, TH-XVII, Minggu Keempat Juli 2007.)

***

Sinetron Candy kembali tayang mulai kemarin, Senin (21/1). Ratingnya terbilang bagus buat program rerun: ada di peringkat 31 dengan TVR 1,7 dan share 14,2.

Candy tayang di RCTI setiap Senin-Jumat pukul 15.30 WIB.

(gur/ray/ade)