Jumat, 14 November 2003

Gerbang Tol Pondok Pinang Barat 3 Tidak Dioperasikan Lagi

Gerbang Tol Pondok Pinang Barat 3 Tidak Dioperasikan Lagi
Tanggal: 14 November 2003  Kategori: Siaran Pers
Terhitung sejak tanggal 14 November 2003 pukul 06.00 WIB Gerbang Tol Pondok Pinang Barat 3 yang selama ini digunakan para pengguna Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road - JORR) untuk bertransaksi dengan tujuan Veteran / Tanah Kusir / Ulujami / Bintaro / Serpong dan sekitarnya, tidak akan dioperasikan lagi. Selanjutnya gerbang tol ini akan dibongkar dan digantikan dengan gerbang - gerbang tol yang akan dibangun.

Sebagai gantinya pengguna jalan tol tujuan Veteran / Tanah Kusir / Ulujami dan sekitarnya dapat bertransaksi di Gerbang Tol Veteran 2. Sedangkan pengguna jalan tol tujuan Bintaro dan Serpong dapat bertransaksi di Gerbang Tol Pondok Ranji.

Gerbang Tol Veteran 2 dapat dioperasikan oleh PT Jalantol Lingkarluar Jakarta, sedangkan Gerbang Tol Pondok Ranji dioperasikan oleh PT Jasa Marga (Persero) cabang Jakarta (Tomang) - Tangerang.

Gerbang Tol Pondok Pinang Barat 3 sebenarnya memang merupakan gerbang tol sementara, dan sejak tersambungnya ruas jalan tol Pondok Pinang - Veteran dengan Veteran - Ulujami, pada tanggal 26 Agustus 2003, pada jam sibuk Gerbang Tol Pondok Pinang Barat 3 mendapat beban transaksi yang cukup besar, mengingat di gerbang ini bertransaksi pengguna jalan tujuan Veteran / Tanah Kusir / Ulujami / Bintaro / Serpong dan sekitarnya. Dengan dibongkarnya gerbang tol ini arus lalu lintas akan terdistribusi di gerbang - gerbang tol sesudahnya, sehingga secara umum akan memperlancar arus lalu lintas di jalan tol.

Beberapa perubahan transaksi lain sehubungan dengan pembongkaran Gerbang Tol Pondok Pinang Barat 3 ini adalah :

  • Gerbang Tol Ciputat Raya 1 akan dioperasikan sebagai gerbang tol masuk, dimana pengguna jalan asal Pondok Pinang dan sekitarnya akan mengambil Kartu Tanda Masuk.
  • Akan dioperasikan Gerbang Tol Veteran 3 sebagai gerbang tol masuk, dimana pengguna jalan asal Tanah Kusir / Veteran dan sekitarnya akan mengambil Kartu Tanda Masuk.
  • Transaksi untuk pengguna jalan asal kedua gerbang tersebut dilakukan di Gerbang Tol Pondok Ranji.
Ruas Pondok Pinang-Veteran-Ulujami adalah merupakan Seksi W2-1 dan W2-2 bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) yang dioperasikan oleh PT Jalantol Lingkarluar Jakarta.
Ruas Serpong - Pondok Ranji adalah bagian dari Jalan Tol Jakarta - Serpong yang dimiliki oleh investor PT Bintaro Serpong Damai, sedangkan ruas Pondok Ranji - Ulujami adalah bagian dari Jalan Tol Jakarta (Ulujami) - Serpong yang dimiliki oleh investor PT Jasa Marga (Persero). Saat ini kedua ruas tersebut pengoperasiannya dilakukan oleh PT Jasa Marga cabang Jakarta (Tomang) - Tangerang.